Mengenal Lebih Dekat RS. Azra Bogor


Text : Windha Fuji Ayu

Menyelenggarakan suatu sistem pelayanan rumah sakit secara profesional yang cepat, ramah, dan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat di daerah Bogor dan sekitarnya dengan selalu mengikuti perkembangan global dalam ilmu kedokteran dan mengutamakan kepuasan pasiennya. Serta merupakan perluasan peningkatan Klinik Bersalin Azra yang dahulu berlokasi di Jl. Gunung Gede No. 3, dimana pada waktu itu banyak menerima permintaan dari keluarga pasien agar mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan selain dari pelayanan kebidanan dan penyakit kandungan.

Atas dasar itulah, setelah melalui suatu proses pertimbangan yang cermat kemudian di dirikanlah RS. Azra yang kini berlokasi di Jl. Pajajaran No. 219, Bogor. Mulai tanggal 6 April 1994 atas prakarsa almarhum Dr. Hidayat Danukusumah, SpOG. RS. Azra adalah suatu rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan spesialistik dengan berbagai fasilitas kesehatan seperti poliklinik spesialis rawat jalan dan ruang perawatan.

Saat ini, RS. Azra memiliki dokter spesialis yang melayani 23 cabang spesialisasi dan subspesialisasi ilmu kedokteran yang meliputi: ahli bedah umum, ahli bedah anak, ahli bedah syaraf, ahli urologi, ahli bedah orthopedi, ahli anesthesi, ahli penyakit dalam, ahli penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi, ahli penyakit dalam konsultan reumatologi, ahli jantung dan pembuluh darah, ahli paru, ahli kesehatan anak, ahli kebidanan dan penyakit kandungan, ahli syaraf, ahli THT, ahli rehabilitasi medik, ahli mata, ahli kesehatan jiwa, ahli kulit dan kelamin, ahli radiologi, ahli patologi klinik, ahli rehabilitasi medik anak, dan ahli bedah mulut.

Fasilitas ruang rawat inap yang disediakan RS. Azra dibagi menjadi kelas VVIP, VIP, I+, II, dan III. Di samping itu, RS. Azra juga memiliki fasilitas yang memberikan pelayanan 24 jam pada Instalasi High Care Unit yang telah dilengkapi dengan mesin respirator/ventilator yang terbaru, Instalasi Gawat Darurat untuk kasus emergency, Laboratorium Klinik, Instalasi Radiologi/CT Scan, Instalasi Gizi, Rehabilitasi Medik Dewasa, Rehabilitasi Medik khusus Anak (Remedia), yang terdiri dari ruang snoezelen (relaksasi), ruang exercise, ruang sensor integrasi, ruang terapi bicara, ruang chest, dan lain sebagainya. Selain itu, Fasilitas Medical Check Up dan Pelayanan Ambulance yang juga melayani penjemputan dan pengantaran pasien setelah selesai perawatan, serta apotik yang juga terbuka untuk umum. Poliklinik spesialis dilayani oleh dokter spesialis yang berpengalaman dengan fasilitas penunjang yang lengkap. Penyediaan fasilitas ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan para pasien yang membutuhkannya.


Program yang dimiliki oleh RS. Azra selain pelayanan kesehatan diantaranya adalah mengadakan simposium, seminar, dan workshop untuk awam ataupun pelatihan pada pasien yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Di samping itu, pihak rumah sakit memberikan fasilitas tambahan berupa Azra Card yang dapat dimiliki oleh para pasien dan sangat bermanfaat bagi pasien serta keluarganya di lingkungan RS. Azra.

RS. Azra juga telah menyelenggarakan Program Bakti Sosial dengan tujuan membantu segenap lapisan masyarakat tergantung pada kebutuhannya. RS. Azra melihat bahwa masih banyak minat masyarakat untuk pergi ke luar negeri untuk mengobati penyakit yang di deritanya, padahal fasilitas yang diperlukan untuk penyakit tersebut telah ada di Indonesia. ”Untuk itulah sesuai dengan visi dan misi RS. Azra, kami menyediakan layanan kesehatan yang selalu mengikuti perkembangan standar ilmu kedokteran yang mutakhir dengan personal touch yang baik sehingga para pasien dapat merasakan suatu layanan pengobatan profesional yang nyaman, cepat, ramah, dan berkualitas yang sesuai dengan evidence based medicine,” papar Dr. Rizasyah Daud, M.Sc, Sp.PD-KR selaku pimpinan RS. Azra saat ini. Melihat meningkatnya minat masyarakat kota Bogor akan suatu pelayanan kesehatan yang berkualitas, RS. Azra terus berusaha untuk memenuhinya.

Dari segi kapasitas, RS. Azra akan memulai dengan membangun suatu klinik khusus anak yang meliputi tempat praktek khusus dokter spesialis anak dan rehabilitasi khusus anak (Remedia) pada lokasi klinik bersalin Azra yang lama. ”Remedia kami dirikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan fasilitas yang khusus menangani masalah perkembangan anak, terutama yang berhubungan dengan kemampuan fungsional anak, seperti kemampuan bergerak, berkomunikasi, makan, bersosialisasi, bermain, dan lain sebagainya. Remedia yang dikelola oleh para dokter spesialis rehabilitasi anak, fisioterapis anak, okupasi terapis anak, terapis wicara anak, dan orthostik prostetik ini merupakan wadah untuk melatih para anak yang memiliki gangguan-gangguan tersebut di bawah bimbingan ahlinya,” jelas pria yang akrab disapa Dr. Daud ini.

”Dari segi kualitas, RS. Azra selalu akan meningkatkan kemampuan staf mediknya melalui seminar, simposium, dan pendidikan lainnya. Secara rutin semua staf medik di RS. Azra diharuskan untuk mengikuti pertemuan berkala yang membicarakan masalah peningkatan pelayanan kepada pasien,” kenangnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by 69plusplus Magazine  |  Template by Blogger